. Peran Media Internet
1. Internet Merubah
Segala Sesuatu
Internet merupakan jaringan longgar dari ribuan
komputer (saat ini sudah jutaan) yang menjangkau jutaan (sekarang milyaran)
orang di seluruh dunia (Laquey dalam Ardianto dkk, 2009: 150). Meskipun internet
merupakan dunia baru, namun memiliki pesona yang sangat kuat. Sejak diciptakan
pada kisaran tahun 1970-an, internet terus memikat untuk dieksplorasi, digali,
serta dikembangkan oleh para ahli dan pemerhati teknologi. Pada
perkembangannya, banyak lembaga pemerintahan, dan instansi pendidikan serta
kelompok bisnis di Amerika bergabung dengan jaringan internet. Akibatnya, dalam
waktu singkat jutaan komputer dan pengguna yang tersebar di seluruh dunia telah
tergabung internet. Apalagi, melalui internet ini para pemakai dapat memperoleh
sejumlah informasi secara gratis, seperti berita politik dan ekonomi,
teknologi, kesehatan, lingkungan, pemerintahan, humor, cuaca, hobi, lapangan
kerja, konsultasi, pendidikan, promosi, dan topik lainnya (Oetomo dkk, 2007:
1).
Internet sangat populer khususnya di kalangan
muda. Internet mudah digunakan siapapun, bahkan mereka yang hanya memiliki
pengetahuan relatif minim. Internet dapat pula menjadi ajang gaul yang murah,
tempat mencari informasi, serta pendidikan dan lowongan pekerjaan yang up to date. Jaringan internet telah
populer dan menjadi pelopor revolusi teknologi. Terciptanya internet telah
melahirkan dunia baru yang memiliki pola dan corak serta karakteristik berbeda
dengan dunia nyata. Kita semakin merasakan bahwa pengaruhnya telah membawa
perubahan berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Internet telah
mengubah pola kehidupan sehari-hari, perilaku pengguna teknologi, serta
berbagai konsep dan sistem bisnis pemerintahan, pendidikan, jurnalistik, hubungan
sosial dan lain-lain. Berikut bidang kehidupan yang berubah dengan hadirnya
teknologi internet menurut Oetomo dkk (2007: 2-9).
a. Internet Membidani Ekonomi Digital
Internet yang dieksplorasi untuk pembangunan
ekonomi di pelbagai belahan dunia telah melahirkan sistem yang disebut “ekonomi
digital” atau istilah lain dengan internet
economy, the new economy atau web
economy (Turban, 2002: 45). Lahirnya ekonomi digital pada tahun 1990-an
telah mengubah secara mendasar kinerja dan pengoperasian perusahaan dan cara
memberi nilai kepada pelanggan (Kertajaya, 2003: 89). Era ekonomi digital
disebut pula era reformasi, dimana informasi telah menjadi kebutuhan pokok dan
komoditas baru. Era demikian dipicu teknologi informasi yang berperan
mempercepat dan meningkatkan keakuratan dalam pencatatan dan pengolahan data
menjadi suatu informasi. Teknologi internet berperan pula mempercepat
distribusi informasi melalui sistem jaringan. Kemudian, lewat jaringan kompuer
dan internet kita telah dapat melakukan integrasi data dari tempat transaksi
yang tersebar. Kitapun dapat membuka aplikasi-aplikasi bisnis berbasis web yang
disebut e-business dan popuper
disingkat e-biz. e-business merupakan sistem bisnis berbasis internet. Sistem
menawarkan efisiensi dan pengendalian pasar melalui kecepatan dan kemudahan
akses, keluasan jaringkauan pasar, serta penghematan waktu dan biaya.
E-businesspun merupakan istilah yang melingkupi
kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan dengan basis teknologi internet,
seperti e-marketing, e-promotion, e-pr,
e-commerce, e-transaction, e-buy, e-payment, dan e-banking. Istilah meliputi pula produk-produk digital seperti
koran elektronik (e-new), majalah
elektronik (e-magazine), jurnal
elektronik (e-journal), buku
elektronik (e-book), ensiklopedia
elektronik (e-encyclopedia), kamus
elektronik (e-dictionary), dan peta
elektronik (e-map). Ada pula istilah
pada jasa pengajaran berbasis internet (e-learning),
kemudian program dan sistem informasi berbasis internet, ticket elektronik
pesawat dan kereta api berbasis internet, (e-reservation) untuk reservasi hotel
dan lain sebagainya. Dari eksplorasi internet dalam bidang bisnis ini, kita
dapat melihat bahwa internet telah mengubah secara revolusioner pasar
tradisional menjadi e-market, dari
bisnis konvensiona menjadi e-business.
b. Internet Melahirkan Sistem E-Government
Penyerapan teknologi internet dalam lingkungan
pemerintahan telah melahirkan suatu aplikasi yang disebut e-government. E-government merupakan
suatu aplikasi berbasis komputer dan internet yang digunakan untuk meningkatkan
hubungan dan layanan pemerintah kepada warga masyarakatnya atau sering disebut Government to citizen (G2C). Selanjutnya,
hubungan antara pemerintah dengan perusahaan disebut Government to Business (G2B), sedangkan hubungan dengan pemerintah
daerah atau negara lain sering disebut Government
to Government (G2G) sebagai mitranya. Internet telah mengubah pola layanan
dalam bentuk pembangunan hubungan yang telah komunikatif serta kemudahan
layanan administratif, transaksi, dan penyajian informasi. Faktor-faktor di
atas menjadi dasar pembangunan aplikasi e-government
selanjutnya. Sistem e-government
memberikan manfaat bagi peningkatan komunikasi antara pemerintah dengan
masyarakat, investor, pebisnis, dan pemerintah daerah atau negara lain. Tujuan
komunikasi adalah mereka dapat ikut terlibat secara langsung dalam pembangunan
melalui pola-pola kerja sama dan kemitraan. Banyak harapan akan tersedianya
berbagai macam layanan untuk aplikasi e-government,
tetapi secara umum dapat dikelompokkan dalam tiga jenis (Indrajit, 2002:
29-34).
1) Jenis
layanan yang bertujuan menyediakan informasi seperti visi dan misi pemerintah,
berbagai peraturan perundang-undangan, prosedur pendirian usaha, berbagai data
kependudukan, pertanian, dan perdagangan. Informasi lainnya adalah tender
proyek, sistem pendidikan, hasil pemilu, dan lain sebagainya.
2) Jenis
layanan yang bersifat komunikasi interaktif dua arah, seperti konsultasi
perpajakan, diskusi tentang rancangan undang-undang dan lain sebagainya. Untuk
jenis layanan demikian, aplikasi e-government
memerlukan kelengkapan fasilitas seperti video konfrensi atau aplikasi chatting dan e-mail.
3) Jenis
layanan yang bersifat transaksi, seperti permohonan KTP dan IMB serta
pembayaran wajib pajak, PBB, listrik, air, telepon secara online, dan lain sebaginya. Untuk layanan demikian, aplikasi e-government harus dilengkapi sistem
informasi online yang mendukung
pencatatan setiap transaksi.
c. Internet Memfasilitasi Sistem E-Education
Elektronik edukasi atau yang lebih familiar
disebut e-education merupakan suatu
istilah untuk menamai kegiatan-kegiatan pendidikan yang dilakukan melalui
internet. Sementara itu, lahir pula istilah-istilah serba “e” seperti e-learning, e-counseling, e-book, e-news,
e-library, dan berbagai istilah lainnya. Istilah-istilah menunjukkan bahwa
kegiatan-kegiatan atau produk-produk yang menyertai kegiatan pendidikan telah
memanfaatkan internet pula. Melalui internet, seakan-akan kampus atau sekolah
membuka kelas di berbagai lokasi. Para
peserta didik dari berbagai belahan dunia dapat langsung mengakses situs web
kampus atau sekolahnya dan mengikuti pendidikan hanya dari komputer yang berada
di depannya. Kemudian, pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi secara
langsung.
Ada banyak manfaat yang dapat dipetik oleh lembaga
pendidikan, peserta didik, amupun masyarakat pada umumnya. Lembaga pendidikan
dapat memperoleh kontribusi dari sistem
e-education berupa: perluasan jaringan mitra kerja, baik dengan lembaga maupun
instansi di dalam maupun di luar negeri, serta pengendalian biaya khususnya
pengurangan biaya pembangunan sarana fisik. E-education
mengefektifkan hubungan antara peserta didik dan pendidik tanpa terikat tempat
dan waktu. Selanjutnya, lembaga pendidikan dapat membangun simulasi-simulasi
pendidikan seperti e-laboratory,
memperluas layanan perpustakaan melalui e-library,
serta memperluas akses informasi. Lembaga pendidikan diuntungkan dalam segi
penekanan biaya transportasi, akomodasi, dan penyediaan aset fisik.
d. Internet
Memperpendek Siklus Jurnalistik
Tanpa disadari, terciptanya internet telah
menjadikan komoditas artikel, berita, dan informasi semakin memiliki nilai.
Kecepatan dan keakuratan telah menjadi faktor penentu komoditas di atas. Para
pembaca dapat memperoleh berita, khususnya kejadian-kejadian atau pengetahuan
populer yang sedang hangat dengan cepat. Media koran, tabloid atau majalah
konvensional memiliki periodesasi waktu terbit. Ada yang harian, mingguan,
bulanan atau bahkan semesteran. Di internet, siklus terbit artikel atau berita
elektronik sangat pendek, bahkan hanya dalam hitungan menit. Hal demikian
terjadi karena internet menyediakan fasilitas untuk mengup-date dan mengup-load
berita dengan mudah dan cepat. Dengan demikian, hanya dalam hitungan menit
artikel atau berita dapat segera tersaji di layar kaca komputer pembaca. Siklus
berita yang pendek dapat terjadi karena berita dapat dapat disajikan tanpa
dicetak. Setiap penulis artikel dan peliput berita dapat menyusun naskah dan
segera meng-uploudnya di halaman situs yang telah tersedia.
Sementara itu, internet sebagai media jurnalistik
saat ini memang memiliki kekayaan fasilitas yang seakan tiada batas. Bahkan
kini, internetpun dapat dieksplorasi untuk menyajikan karya-karya jurnalistik
yang lebih komunikatif. Tandanya adalah lahirnya Surat Kabar Elektronik (a-news) yang telah banyak mengubah pola
orang dalam mencari berita dan informasi. Sebutlah Kompas Cyber Media, Femina
Online, Detik Com, dan CyberNas merupakan model jurnalistik modern. Melalui
internet, redaksi dapat melengkapi tidak hanya gambar-gamabr dua dimensi
seperti foto, melainkan dapat pula menyertakan liputan video sebuah kejadian di
lapangan.
e. Internet Membangun Pola Hubungan Sosial Baru
Teknologi internet merupakan perpaduan teknologi
telekomunikasi dan komputer. Sejak internet diciptakan pada kisaran tahun
1970-an, kini bumi seakan hanya sebuah desa global yang kecil. Para warganya
setiap saat dapat saling berjumpa dan bertegur sapa, berdagang dan berbelanja,
sekolah, dan berwisata ke berbagai belahan bumi hanya melalui komputer
pribadinya. Jarak dan dinding politik yang membatasi akses seseorang kepada
orang di negara atau benua lain seakan sudah tidak ada. Komunikasi antara
mereka ibarat hanya sejauh tombol mouse dan
dapat dilakukan setiap saat dan tidak dibatasi oleh batas wilayah. Keluargapun
akan menemukan arti baru tentang rumah. Kini anggota keluarga tidak perlu
bepergian hanya untuk mencari informasi harga barang yang hendak dibeli.
Seluruh anggota keluarga dapat berkumpul dan bersama-sama berselancar di
internet untuk mendapatkan informasi, berekreasi, belajar bersama dan
berbelanja. Singkat kata, kini semua anggota keluarga memiliki kesempatan baru
untuk bercengkrama bersama. Dengan internet, ayah dan ibu dapat berkomunikasi
dengan anak-anaknya yang berada nunjauh di luar kota atau pulau, bahkan di luar negeri setiap saat dengan biaya loka,
dan memungkinkan untuk saling melihat gambarnya melalui video calling. Oleh
karena itu internet menjadi solusi menghemat biaya komunikasi.
Merebaknya komunitas-komunitas jejaring sosial
seperti facebook, friendster, blogger serta twiter
telah membawa perubahan bagi kalangan anak muda untuk membentuk
komunitas-komunitas sosial sesuai dengan yang diminati dan kompetensinya. Sehingga
hal ini secara tidak langsung dapat menambah wawasan serta pengetahuan mereka
melalui ajang yang untuk mencari pertemanan dan menjalin hubungan tersebut.
Tetapi jejaring sosial tersebut saat ini juga dapat digunakan untuk menggalang
opini publik agar mau berpartisipasi atau setuju dengan berbagai hall yang
ingin dicapai. Misalnya opini terhadap “Koin Prita”, atau pernyataan-pernyataan
tokoh akan menjadi sesuatu yang memicu munculnya ide atau gagasan baru dalam
berbagai hal kehidupan.
2. Internet dan Sejarahnya
Menurut Oetomoe dkk (2007: 20), pada mulanya
internet berasal dari impian J.G.R. Licklider (1915-1990), seorang Psikolog di Massachusetts Institute of Technology,
tentang sebuah Galatic Networks di awal tahun1960-an. Kemudian, ketika Licklider
bekerja di Advanced Reasearch Project
Agency (ARPA) di Pentagon, Lawrence G. Robert mencoba mewujudkan impiannya
(Port, 2004). Meskipun pertemuan antara Licklider dan Robert terjadi tahun
1984, Robert baru benar-benar konsentrasi untuk pengembangan internet mulai
Desember 1966. Kemudian, Robert mulai menguraikan rencana jaringannya dalam
konfrensi-konfrensi para peneliti. Akhirnya, internet dikembangkan dalam suatu
penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Reasearch Project Agency Network (ARPANet). ARPANet menghubungkan
pusat penelitian Departemen Pertahanan dengan pusat-pusat penelitian di
universitas-universitas di Amerika Serikat. Tujuannya adalah menghadapi
kemungkinan terjadinya serangan nuklir.
Sejarah internet telah menempuh waktu yang
panjang. Namun, umumnya orang hanya melihat pada tahun 1970-an saat terjadi
perkembangan teknologi informasi yang sangat menakjubkan. Peristiwanya adalah
terbentuknya konvergensi antara teknologi komputer dan telekomunikasi, lalu
melahirkan sebuah teknologi baru yang sangat dahsyat, yaitu internet. Meskipun
demikian, perkembangan teknologi internet sempat surut, hingga tahun 1990-an
gaung internet kembali merebab. Internet menjadi populer kembali sejak tahun
1995 dan ditandai bertambahnya secara drastis domain komersial dan jaringan
World Wide Web (WWW). Penelitian terus berlanjut, Defence Advanced Reasearch Project Agency (ARPHA Departemen
pertahanan USA) terus mengembangkan jaringan internet yang demikian pada tahun
1973 dengan membangun jaringan ARPHANet. Tujuannya menghubungkan beberapa jenis
jaringan paket data, seperti BITNet, CSNet, dan NSFNet yang telah dikembangkan
pemerintah, perguruan tinggi atau swasta sebelumnya.
Di Indonesia menurut Oetomo dkk (2007: 23)
jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun 1983 di Universitas Indonesia
berupaUINet oleh Dr. Joseph F.P. Luhukay. Ketika itu, ia baru menamatkan
program doktor filosofi ilmu komputer di Amerika Serikat. Jaringan dibangun
selama empat tahun. Pada tahun yang sama, Luhukay pun mulai mengembangkan
University Network (Uninet) di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Uninet adalah jaringan komputer dengan jangkauan lebih luas dan meliputi
Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor,
Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Surabaya,Universitas Hasanudin, dan
Ditjen Dikti.
3. Internet dan Fasilitasnya
Kerja keras para ahli telah membuahkan hasil.
Internet semakin kaya dengan aneka layanan, antara lain: electronic mail
(e-mail), mailing list, Usenet, newgroup, file transfer protocol (FTP), telnet,
buletin board sevice (BBS), WWW, internet telephone, dan internet fax.
Beranekanya layanan akan membuat para pengakses semakin menyukai internet.
Menurut Oetomo dkk (2007: 25-31) masing-masing layanan memiliki kekhasan dan
fungsi tersendiri.
a. E-mail
Email merupakan jenis layanan di internet yang
paling populer. Dengan menggunakan layanan email, para pengakses dapat saling
berkirim atau menjawab surat atau berita dari rekan-rekan dimanapun dan
kapanpun mereka berada. Layanan email memungkinkan pula para pengakses untuk
mengirimkan lampiran berupa file yang berisi gambar atau tulisan. Email
merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Lewat email, para pengakses
dapat berkorespondensi dengan para sahabat dimanapun mereka berada. Hanya dalam
hitungan detik, surat yang ditulis akan tiba di kotak surat elektronik yang
dituju. Layanan email memungkinkan para pengakses menyimpan surat-surat yang
dianggap penting. Dengan demikian, mereka dapat menelusurinya kembali di
kemudian hari. Alamat email pengakses akan dilengkapi pula oleh mailbox (kotak surat elektronik) yang
dapat menampung surat-surat yang dikirim kepadanya. Siapapun dapat mendaftarkan
diri untuk mendapatkan layanan email gratis ke http://www.yahoo.com, http://www.hotmail.com, http://www.fastmail.fm. http://www.securepaynet.net, http://www.cashette.com, dan lain-lain.
b. Mailing list
Penggunaan email dapat dikembangkan menjadi
layanan mailing list atau sering
disingkat milis. Layanan bermanfaat
untuk berlangganan informasi dari suatu grup diskusi yang diminati atau sarana
diskusi yang mengasyikkan. Melalui milis, para pengakses dapat mengirimkan
informasi-informasi, baik berupa laporan kejadian, berita ekonomi, politik,
keamanan, maupun informasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Milis sangat cocok
digunakan untuk koordinasi atau pemeliharaan komunitas-komunitas sesuai dengan
minat dan kompetensinya. Setiap email yang dikirim anggota milis akan dikirim
ke seluruh anggota milis secara otomatis. Dengan demikian, setiap anggota akan
mendapatkan informasi yang sama. Milis dirasakan efektif untuk koordinasi
kelompok. Jika informasi yang diperoleh setiap anggota sama, maka tidak ada
yang merasa ditinggalkan. Untuk membangun milis gratis, para pengakses dapat
memanfaatkan fasilitas mailing list
yang disediakan di dalam portal http://www.yahoo.com.
c. Internet Relay Chat (Chatting)
Layanan ini tentu akan disukai karena melalui chatting, para pengakses dapat
bercakap-cakap dengan rekan-rekan yang ada dalam sebuah ruang chatting. Melalui fasilitas chatting, para pengakses akan memiliki
banyak teman di internet. Mereka akan menjadi teman bercakap-cakap dan tempat
untuk mencurahkan isi hati atau perasaan pengakses. Lebih lanjut, melalui
fasilitas percakapan tekstual para pengakses, khususnya wartawan atau jurnalis,
dapat memanfaatkannya untuk mewawancarai seorang tokoh yang berada di kota lain
atau sulit untuk membuat janji bertatap muka langsung. Semua teks percakapan
dapat didokumentasikan untuk dirangkum menjadi sebuah artikel yang akan dimuat
di media. Bagi para pengakses yang telah melengkapi perangkat komputernya
dengan fasilitas webcam, pengakses
dapat melakukan chatting dengan
melihat wajah rekan yang diajak bercakap-cakap.
d. UNESET dan Newsgroup
Layanan ini berupa Bulletin Board Service (BBS) dalam bentuk pesan. Setiap pengakses
internet dapat bergabung untuk saling bertukar informasi satu sama lainnya.
Pengakses perlu membentuk grup-grup berdasarkan topik-topik diskusi yang
disebut newsgrup. Grup-grup akan
menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Grup-grup yang telah
terbentuk alt.gopher, alt.internet service.alt.music. dan lain sebagainya. Newsgroup ibarat papan komunikasi dimana
setiap orang bebas mencari informasi yang dibutuhkan serta memberikan informasi
yang dimilikinya.
e. File Transfer Protocol
Melalui internet para pengakses dapat pula
mengirimkan file yang berisi tulisan, gambar animasi, musik, atau game kepada
para rekannya. Layanan FTP paling banyak digunakan untuk lalu lintas file,
khususnya bagi perusahaan dan organisasi atau perseorangan, yang akan
mengirimkan file kepada rekan-rekannya. Para mahasiswa dan pelajar dapat pula
memanfaatkannya untuk mengumpulkan laporan praktikum atau paper kepada dosen
atau guru serta bertukar foto atau animasi lucu sebagai salinan kepada
rekan-rekannya.
f. Telnet
Ada kalanya komputer pengakses ingin seolah-olah
terhubung langsung ke komputer rekannya. Misalnya untuk keperluan-keperluan
tertentu, seperti pengerjaan proyek atau tugas bersama, mengaransemen lagu, membuat
desain gambar, animasi atau film bersama, atau hanya sekedar bertukar file
secara pribadi.oleh karena itu,pengakses dapat menggunakan layanan talnet.
Pengakses tentu harus memiliki alamat IP, user ID dan password dari komputer
rekan pengakses agar dapat mengakses secara langsung. Melalui fasilitas Telnet,
pengakses dapat secara langsung bertukar file yang berisi tulisan, gambar,
animasi, film, lagu atau game.
g. Bulletin Board Service
Layanan Buletin Board Service (BBS) merupakan
suatu pusat layanan informasi yang menyediakan informasi dari berbagai bidang,
seperti: bidang pendidikan dan teknologi, bisnis, sosial, maupun promosi niaga.
Jika pengakses menggunakan fasilitas BBS, maka dapat berdiskusi dengan para
pengakses lain untuk memecahkan suatu masalah atau membicarakan topik tertentu.
Kemudian pengakses yang mengakses BBS mendapatkan fasilitas untuk melakukan download berita atau file dari pengakses lain, dapat
melakukan up load berita atau file
agar dapat diakses lainnya.
h. Layanan Multimedia
Layanan multimedia internet atau dikenal world
wide web (www) merupakan aplikasi internet yang paling diminati para pengakses.
www disukai karena mencakup sumber daya multimedia, antara lain gambar, suara,
video, audio dan animasi. Oleh karena itu, aplikasi demikian menjadi semacam
sarana untuk menjadikan informasi yang interaktif dan atraktif. Akhir-akhir
ini, layanan www lebih dikenal dengan sebutan web. Para pengakses dapat
memanfatkan web untuk menyajikan profil diri. Jika profil diri kita terdiri
atas beberapa halaman web, maka sekumpulan halaman web yang berisi profil diri
pengakses disebut situs web profil diri. Selanjutnya sekolah, lembaga dan
berbagai perusahaan dapat pula memanfaatkan layanan web untuk menyajikan
informasi-informasi yang penting untuk diketahui oleh pengakses internet.
Manfaat lainnya adalah menyajikan majalah, koran, dan buku secara elektronik.
i. Teleconference
Aplikasi chatting
terus dikembangkan sampai tercipta voice
chat, sehingga dapat tercipta teleconference.
Caranya dengan menambahkan sound card
termasuk VoIP blaster untuk
mengkompres suara, sehingga kualitasnya dapat dipertahankan. Apalagi dengan
adanya layanan multimedia internet para ahli dapat mengembangkan suatu layanan teleconference dengan lebih sempurna.
Gagasannya adalah agar pengakses yang menggunakan internet dapat melakukan
percakapan jarak jauh dengan saling memandang satu sama lain. Selanjutnya, para
pejabat pemerintahan dapat memanfaatkan fasilitas untuk melakukan rapat jarak
jauh. Presiden SBY telah memanfaatkan layanan teleconference ketika memimpin sidang kabinet saat menghadiri
sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa di Amerika.
j. Internet Telephony
Fasilitas internet
telephony akan memungkinkan para pengakses berbicara melalui internet
seperti layaknya menggunakan pesawat telepon. Namun, terminal yang digunakan
berupa komputer yang dilengkapi alat penerima dan mikropon. Alamat situs yang
menyediakan informasi lebih lanjut tentang internet
telephony adalah http://www.net2phone.com atau www.buddytalk.com.
k. Internet fax
Internet dapat pula digunakan untuk mengirimkan
faks yang biasa dilakukan melalui mesin faksimili. Aplikasi untuk pengiriman
faks lewat internet mudah digunakan dan biaya pengiriman faks dihitung sebagai
biaya lokal. Layanan internet fax memberikan kemudahan bagi para sekretaris
untuk mengirimkan pesan faksimili dalam jumlah yang banyak.
4. Peran
Media Internet dalam Program Bimbingan Konseling (E-Counseling)
Media internet yang pemakainannya saat ini telah
merambah dunia pendidikan, telah melahirkan dan merubah berbagai bentuk dan
corak berbagai hal dalam dunia pendidikan. Hal ini berkaitan dengan berbagai
hal yang berhubungan dengan internet memunculkan istilah-istilah baru yang
disingkat dengan “E” (electronic).
Sehingga berbagai layanan dunia pendidikan yang berhubungan dengan internet
menggunakan istilah ini. Misalnya, istilah e-library untuk perpustakaan di
internet, atau e-book untuk buku-buku
yang ada di internet, serta e-learning
untuk pembelajaran via internet. Hal ini tidak lepas dari peran media internet
yang difungsikan sebagai salah satu sarana dalam bidang pendidikan. Peran ini
tidak terkecuali telah merambah bidang bimbingan dan konseling sebagai salah
satu bagian dari pendidikan. Maka dari itu, berbagai hal yang berkaitan dengan
layanan bimbingan dan konseling juga menggunakan istilah yang sama, yaitu “E-Counseling” (konseling elektronik)
atau “E-Counseling and Guidance”.
Peran media internet dalam layanan bimbingan
konseling ini sangat besar sekali dalam membantu proses pelaksanaan bimbingan
konseling itu sendiri. Berbagai layanan internet yang dapat kita manfaatkan untuk kepentingan program
media bimbingan konseling islam:
a. Akses dan
Penyimpanan Data
Akses data merupakan salah satu bentuk fasilitas
layanan internet yang berkaitan dengan pencarian dan pengaksesan web atau
berbagai situs yang memuat berbagai hal seperti informasi, berita atau
pengetahuan yang kita butuhkan. Kemudian berkenaan dengan bagaimana hasil akses
data tersebut kita simpan untuk kepentingan kita dikemudian hari, bahkan saat
ini sudah ada layanan penyimpanan file
atau arsip di internet. Situs-situs yang ada di internet yang biasa kita akses
dengan nama World Wild Web (www), dan
sering disebut sebagai web. Dewasa
ini, fasilitas web mengizinkan
pengakses untuk mengakses dan berinteraksi dengan teks, grafik, animasi, foto,
suara dan video. Web secara fisik
adalah kumpulan komputer pribadi, web
browser, koneksi ke ISP, komputer server, router dan switch yang
digunakan untuk mengalirkan informasi dan menjadi wahana pertama berbagai pihak
terkait. Menurut Oetomo dkk (2007: 145) web dibagi menjadi empat jenis, yaitu:
1) Web search engine: adalah web yang memiliki kemampuan untuk
melakukan pencarian dokumen berdasarkan kata kunci tertentu. Contohnya Google dan Alltheweb.
2)
Web
portal:
adalah web yang berisi kumpulan link,
search engine, dan informasi,
contohnya Yahoo, dan AOL.
3) Web perusahaan: adalah web yang mendeskripsikan suatu
perusahaan, layanan, fasilitas dan segala sesuatu tentang perusahaan. Contohnya
telkomsel, UIN SUKA dan lain sebagainya
4) Web pribadi: adalah web yang memuat profil pemilik web serta berbagai hal tentang
kehidupannya.
b. Komunikasi dan
Hubungan Sosial
Bentuk fasilitas layanan internet jenis ini,
berkaitan dengan fungsi media internet yang pada dasarnya sebagai alat
komunikasi multimedia yang cepat dan
murah. Semakin majunya dunia komputer saat ini telah merambah dunia
telekomunikasi pula. Dengan menggunakan teknolohgi internet seseorang dapat melakukan
komunikasi dengan orang lain. Banyak fasilitas internet yang disediakan untuk
berkomunikasi. Berbagai bentuk komunikasi dapat dilakukan dengan internet, baik
secara pribadi antar personal, maupun komunikasi kelompok secara bersamaan.
Mulai komunikasi melalui teks, semacam SMS, email,
mailing list, Internet Relay Chat (IRC) dan fax, sampai komunikasi suara
seperti telephone yang biasa disebut
VoIP (Voice Over Internet Protocol),
hingga komunikasi multimedia yang menghadirkan gambar lawan komunikasi kita
secara langsung seperti teleconference.
Beberapa jenis komunikasi via internet yang disebutkan di atas, secara praktis
dapat digunakan untuk mendukung layanan bimbingan konseling. Misalnya, ketika
konselor kesulitan untuk mewawancarai konselinya secara langsung, karena
berbagai kesibukannya, maka berbagai layanan internet jenis ini dapat
dimaksimalkan penggunaannya.
Istilah komunikasi untuk anak muda melalui
internet biasa dikenal dengan chatting.
Istilah chatting sebenarnya berasal
dari IRC, dimana seseorang dapat saling berkomunikasi melalui internet dengan
menginstal sebuah perangkat lunak bantu. IRC adalah suatu bentuk komunikasi
langsung melalui internet. IRC didesain untuk komunikasi grup pada forum
diskusi yang dikenal dengan channel, tetapi mengijinkan pula untuk melakukan
komunikasi secara individu. IRC dibuat oleh Jarko Oikarinen 1988 untuk
menggantikan program Multiuser Talk
(MUT) pada Bulletin Board System
(BBS). Kemudian saat ini banyak sekali jenis aplikasi chatting yang telah dikembangkan dan digunakan luas oleh pengguna
internet. Misalnya program mIRC, Yahoo
Messenger, ICQ, Instant Messenger, dan lain sebagainya.
Komunikasi untuk menjalin hubungan dengan sesama
di internet memang populer dengan istilah chatting.
Oleh sebab itu, selanjutnya istilah ini akan menggantikan komunikasi ittu
sendiri dalam pembahasannya. Chatting
dibagi menjadi dua macam, yaitu berupa teks dan suara. Contoh chatting
berbasiskan teks adalah mIRC, Yahoo
Messengger, dan ICQ. Aplikasinya,
pengguna hanya mengetikkan teks pada program yang tersedia dan mengirimkannya
pada lawan bicara. Sebaliknya, chatting
berupa suara dapat disebut VoIP,
contohnya Skype, Yahoo Messanger with Voice, dan Google
Gtalk. VoIP membutuhkan sebuah
aplikasi yang disebut Instant Messaging (IM)
dan memiliki akses internet, maka percakapan jarak jauh dapat dilakukan. VoIP dapat diimplementasikan pada
jaringan internet manapun, tetapi
bandwith berpengaruh terhadap kualitas percakapan. Jika bandwith-nya kecil maka suara terdengar
terputus-putus.
Untuk mempermudah pemahaman aplikasi penggunaan
berbagai layanan internet untuk keperluan menjalin komunikasi dan hubungan
sosial dengan sesama pengguna internet di manapun berada, maka perlu
dikelompokkan berdasarkan jenis keperluannya dari bentukbentuk aplikasi yang
akan digunakan sebagai media komunikasi dan menjalin hubungan sosial.
1). Untuk Keperluan
Komunikasi
a) Saling
melakukan percakapan atau chatting, melalui IRC (Internet Relay Chat). Baik chatting
yang berbasis teks maupun suara. Untuk yang berbasis teks biasanya aplikasinya
menggunakan Yahoo Messanger (YM), miRC, dan ICQ. Sedangkan yang berbasis suara yang biasa disebut VoIP (Voice Over Internet Protocol) dengan
aplikasi Instant Messaging. Perangkat
lunak yang biasa digunakan adalah Yahoo
Messanger with Voice, Gooogle Talk, dan
Skype. Chatting berbasis suara
juga dapat dilakukan dengan menampilkan wajah penelpon dengan syarat komputer
yang digunakan sudah terpasang kamera, selain adanya mikrofon, speaker, sound card dan koneksi internet tentunya.
b) Saling
berkirim pesan, baik kartu ucapan / E-card,
maupun pesan pendek / SMS (Short Message
Service). Aplikasinya dapat menggunakan layanan dari www.123greetings.com. Dalam layanan jejaring sosial
seperti Facebook atau Friendster dan Twiter, juga disediakan untuk dapat berkirim pesan.
c) Saling
berkirim surat elekronik atau email melalui email account yang telah dimiliki
baik secara online maupun offline. Aplikasi email
secara online maksudnya pengguna
harus terus selalu online agar dapat
berkirim dan menerima email, hal ini
dikarenakan proses pengiriman dan penerimaan email dilakukan satu persatu,
sehingga memerlukan koneksi terus ke email
server. Aplikasi email online yang
sering digunakan adalah yahoo.com,
hotmail.com, mail.com dan lain sebagainya. Umumnya aplikasi email online adalah layanan gratis.
Sedangkan aplikasi email offline,
pengguna tidak harus terus menerus online
selama sesi pengaksesan. Karena proses pengiriman dan penerimaan dapat
dilakukan secara komulatif. Misalnya proses penerimaan surat, ketika pengguna
membukanya, maka aplikasi segera mendownload
semua email baru yang ada di email server ke dalam komputer pengguna,
sehingga ketika penerimaan selesai, email-email
tersebut telah tersimpan otomatis dalam komputer pengguna. Umumnya aplikasi
jenis ini adalah bayar.
Aplikasi email yang paling umum adalah email
online. Agar dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh aplikasi email online, menurut Oetomo dkk (2007:
198-210) perlu melakukan berbagai proses seperti di bawah ini.
a) Membuat
alamat email, pertama akseslah
melalui web broser-nya situs www.yahoo.com dan klik “Mail”, lalu pilih link “Get a Free Yahoo Account” kemudian
“Sign Up Now”. Kemudian isilah formulir pendaftarannya sesuai dengan data diri
pengguna, jangan lupa memasukkan kata sandi yang tertera di bawahnya. Kemudian
kliklah “I Agree”, maka kotak pos email
telah di set up, jika ingin
membukanya kliklah “Continue to Yahoo! Mail”.
b) Menulis
email, kliklah tombol “Compose” kemudian isilah kolom-kolom yang tersedia; To (untuk alamat tujuan), Subject (untuk topik atau judul email, dan kolom yang besar diisi email-nya, lalu klik “Send”. Maka
tampilan konfirmasi yang menyatakan email
telah terkirim akan muncul.
c) Mengirim
email dengan attachment, pengguna dapat mengirim berkas dalam bentuk apapun
seperti dokumen, gambar, audio, maupun video dengan mengklik “Attach File” pada
halaman penulisan email. Ada 5 kolom
sebagai tempat lokasi berkas yang akan dilampirkan. Kliklah “Browse” dan pilih
berkas yang akan dilampirkan atau menuliskan langsung di lokasi berkas
tersebut. Setelah memasukkan berkasnya, maka kliklah “Attach File”, jika sudah
selesai maka kliklah “Continue to Message”, jika ingin melampirkan lebih banyak
berkas lagi, maka kliklah “Attach More Files” dan ulangi seperti tahap
sebelumnya. Setelah “Continue to Message” di klik, maka pengguna akan dibawa ke
halaman penulisan email dan kliklah
“Send”.
d) Menerima
email, sebelum membaca email, pengguna harus terlebih dahulu
melakukan login dengan mengisi kolom
“Sign In To Yahoo” dengan nama pengguna dan passwordnya, lalu klik “Sign In”.
Kemudian tampilan kotak pos atau amplop muncul memberitahuklan jumlah email
yang masuk, kliklah “Inbox” untuk membukanya. Kemudian akan tampil daftar email baru, maka kliklah email yang ingin dibacanya. Jika ingin
menyimpan berkas dari email yang
telah dibuka tersebut, maka kliklah “Download File” di sebelah kalimat “Plain
Text Attachment”. Kemudian jika ingin menyimpan berkas gambar yang dikirim,
dapat mengklik “Save to Computer” di sebelah thumbnail gambar. Maka, tampilan berikutnya muncul, kliklah
“Download Attachment” untuk menyimpannya ke komputer.
e) Menutup
kotak pos, untuk mengakhiri sesi email, kliklah
“Sign Out” yang ada di pojok kiri atas.
2). Untuk Keperluan
Menjalin Hubungan Sosial
Untuk keperluan menjalin hubungan sosial ini
dimaksudkan bahwa penggunaannya lebih banyak dilakukan secara kelompok, atau
bersama-sama oleh sejumlah pengguna yang memiliki minat yang sama atau
kepentingan serta kompetensi yang sama. Semua media komunikasi internet yang
dijelaskan di atas tersebut dapat digunakan untuk menjalin hubungan sosial.
Hanya saja media yang digunakan untuk keperluan tersebut ada tersendiri. Untuk
penjelasan yang lebih baik, dapat dikelompokkan berdasarkan jenis keperluannya.
a) Untuk
menjalin hubungan pertemanan dan mempererat persaudaraan, biasanya disebut
jejaring sosial. Aplikasi yang populer saat ini adalah Facebook, Friendster, atau Twiter
dan Webblog.
b) Untuk
forum diskusi atau biasa disebut Mailing
List. Mailing List digunakan
untuk forum-forum diskusi berbagai topik, mulai jual beli, otomotif, ilmu
pengetahuan, politik, dan lain sebagainya (contohnya Kaskus, macbekas.com dan
lain-lain).
c) Untuk
keperluan mendesak dan darurat, karena terjadi benturan kegiatan bagi
kepentingan instansi, perusahaan atau Negara. Media ini biasanya disebut teleconferece dan biasanya menggunakan VoIP.
Hubungan sosial yang dilakukan di internet,
berlangsung dalam forum-forum diskusi tentang berbagai hal, serta jalinan
persahabatan. Umumnya terbentuk dan ingin terlibat dalam forum-forum diskusi
karena motivasi ingin mendapatkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna
internet. Oleh sebab itu forum yang diikutinyapun didasarkan pada kesamaan
minat, kepentingan, hobi dan keilmuannya bagi akademisi. Untuk kenyamanan
berdiskusi tersebut diperlukan fasilitas lain yang dibutuhkan, yaitu mailing list dan chatting. Milis merupakan bagian dari newsgroup, yakni pertukaran informasi melalui email yang terdaftar sebagai anggotanya. Milis singkatan dari miling list menurut
Oetomo dkk (2007: 210) dibagi dua, yaitu:
a) Milis
pengumuman: yakni administrator mengirimkan email
ke anggotanya dan umumnya otomatis dilakukan ketika pengguna telah melengkapi
pengisian form regristrasi pada milis.
b) Milis
diskusi: yakni mengizinkan pengguna atau sekelompok pengguna milis untuk saling
bertukar informasi ke satu email atau
ke sekelompok email pengguna milis.
Untuk mengetahui berbagai seluk beluk tentang
forum komunitas pengguna milis, perlu dijelaskan beberapa hal yang berkaitan
dengan miling list tersebut.
a) Membangun
komunitas milis, untuk membuat sebuah milis, kita memerlukan sebuah server
layanan milis. Salah satu server yang menyediakan ini adalah Yahoo!Group yang
memiliki alamat www.yahoo.groups.com. Untuk membuat milis
kita harus memiliki account di Yahoo.
Untuk itu lakukan sign in pada account pengguna dengan menekan link “Sign In” di bagian atas web. Cara lainnya adalah membuat account Yahoo baru dengan menekan link “Sign Up”, dan langkah-langkah sign up untuk account baru sama dengan ketika akan membuat email. Setelah melakukan login,
maka tampilan berikutnya akan muncul, scroll-lah
ke bawah dan klik “Start a Group Now” untuk membuat sebuah milis baru. Kemudian
akan muncul pilihan kategori grup yang hendak dibentuk. Pengguna dapat
melakukan pencarian dengan mengetikkan golongan grup yang akan dibuat atau
memilih langsung kategori yang telah ada. Misalnya memiih “Computer and
Internet”, lalu akan muncul tampilan berikutnya yang menghadirkan subkategori
yang akan dibangun, misalnya memilih sub kategori “Hardware”. Kemudian akan
muncul tampilan berikutnya, kliklah “Place My Group Here”, sehingga akan muncul
tampilan berikutnya yang digunakan untuk mengisi deskripsi mengenai milis, lalu
tekan “Continue”. Langkah berikutnya adalah memilih profile yang akan
digunakan. Dalam account Yahoo
pengguna dapat memiliki lebih dari satu profile. Kemudian isikan kode
verifikasi yang dicantumkan dalam kolom. Langkah berikutnya adalah mengundang
orang-orang yang mungkin berminat untuk bergabung ke dalam milis. Kliklah
“Invite Peaple to Join” kemudian akan muncul tampilan berikutnya, lalu ketikkan
alamat-alamat email yang akan diundang, satu baris satu alamat email. Kemudian, scroll ke bawah untuk mengisikan pesan mengapa mengundangnya untuk
bergabung ke milis. Lalu tekan “Submit Invite”. Kemudian untuk melihat daftar
anggota yang telah bergabung ke milis, gunakanlah link “Members”. Kemudian untuk menghapus member dari milis
gunakanlah link “Remove”, lalu kliklah email member yang akan dihapus satu baris satu email. Kemudian kliklah “Remove Members”. Untuk logout dari administrasi milis, gunakanlah link “Sign Out”.
b) Bergabung
dan keluar dari komunitas, untuk bergabung dengan sebuah milis yang sudah lama
eksis dan berkembang baik. Caranya adalah dengan mengirimkan sebuah email kosong dengan tujuan nama milis.
Penulisan tujuan email ini adalah (nama-mailing-list-subscribe@yahoogroups.com). Misalnya, id-hardware-subscribe@yahoo.com. Setelah mendapatkan email konfirmasi, maka reply email dan langsung kirim tanpa
merubah apapun. Sebaliknya jika kita ingin keluar dari sebuah komunitas milis,
maka langkahnya adalah mengirimkan email
kosong dengan tujuan milis (nama-milis-subscribe@yahoogroups.com), maka kita akan
mendapatkan sebuah email konfirmasi. Reply-lah email tersebut dan langsung kirim tanpa mengubah apapun. Jika tidak
jadi keluar dari milis, acuhkanlah email konfirmasi.
Demikian pula, jika batal, tidak jadi mendaftar maka acuhkanlah email konfirmasi tersebut.
c) Mengirim
dan menerima berita, untuk mengirimkan berita ke seluruh anggota milis, langkah
awal yang ditempuh adalah login
terlebih dahulu di www.yahoogroups.com dengan Yahoo ID yang
dimiliki. Kemudian pilihlah milis yang akan dikirimi berita, lalu pilihlah menu
“Post” yang ada pada menu sebelah kiri. Isilah subjek berita yang akan dikirim
dan isilah beritanya pada kotak yang tersedia dan kliklah “Send”. Untuk membaca
berita dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan login ke email yang
didaftarkan dalam milis. Kedua, login
pada www.yahoogroups.com, lalu pilihlah milis
yang akan dibaca dan pilihlah “Messages”.
3). Pengembangan dan
Pengelolaan Situs
Internet yang berkembang pesat saat ini memiliki
berbagai situs beraneka ragam yang jumlahnya jutaan, mungkin bisa juga miyaran.
Tetapi besarnya jumlah situs yang ada di internet tersebut secara garis besar
menurut Oetomo dkk (2007: 268-269) dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis,
yaitu:
a) Situs
statis, adalah situs yang hanya berupa pemaparan informasi. Pengguna secara
pasif menerima informasi yang disampaikan. Misalnya situs tentang brosur
elektronik (e-brochure) seperti situs
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), www.dikti.com.
b) Situs
dinamis, adalah situs yang dapat menampilkan informasi berbeda kepada pengguna
yang berbeda pula. Namun, penggunapun masih secara pasif menerima informasi
yang dipaparkan. Misalnya adalah situs yang dapat menyapa pengguna dengan nama
pengguna pribadi seperti situs Yahoo,
www.mailyahoo.com. (dimana tiap pengguna
disapa dengan nama yang login).
c) Situs
interaktif, adalah situs yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara aktif
dengan situs. Misalnya situs e-commerce
dimana pengguna dapat secara aktif memilih barang yang ingin dibeli lalu
membayar secara online, seperti situs
Amazon, www.amazon.com, atau situs Ebay.
Berkait dengan pengembangan dan pengelolaan situs
ini. Konselor atau instansi yang memberikan layanan bimbingan konseling dapat membangun
dan mengembangkan situs yang bersifat interaktif, karena harapannya pengguna
atau konseli yang ingin mendapatkan layanan bimbingan konseling dapat secara
aktif menjalin komunikasi dengan konselornya melalui situsnya tersebut. Untuk
dapat membangun situs secara mandiri maupun dibuatkan oleh orang yang kompeten
dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online dan secara offline.
a). Membangun situs
secara online
Internet telah menyediakan beberapa layanan yang
memungkinkan pengguna dapat membuat dan membangun sendiri situsnya dengan cara
yang sangat mudah dan cepat. Layanan internet yang dapat membantu membuat dan
membangun serta mengembangkan situs sendiri secara online misalnya Geocities,
Lycos, dan Xoom.
b). Membangun situs
secara offline
Pembuatan situs secara online walaupun terbilang
mudah dan cepat, tetapi temanya terbatas, dan tampilannyapun terkesan klise,
minimalis, dan amat sederhana (Oetomo dkk, 2007: 283). Untuk itu agar lebih
baik dan penuh kreativitas, maka kita dapat membangun situs melalui cara offline. Pembuatan secara offline dapat menggunakan bantuan
aplikasi yang beredar di pasaran seperti Microsoft Front Page dan Macromedia
Dream Weaver. Sebagai contoh kita akan membuat situs dengan aplikasi Microsoft
Front Page.
Selain membangun situs-situs yang memiliki alamat
URL tersebut, seorang konselor dapat juga membangun dan mengelola situs pribadi
yang biasa dikenal dengan istilah Weblog. Weblog yang sering disingkat blog dan penggunanya disebut blogger merupakan media untuk menuliskan
apapun yang menjadi opini atau pandangan penggunanya, serta catatan harian atau
diari. Khusus untuk konselor tentunya opini dan catatan yang berkaitan dengan
layanan bimbingan konseling yang dilakukannya. Banyak sekali layanan membuat blog yang gratis beserta
perlengkapannya. Misalnya di situs www.blogger.com. Layanan yang paling sering
digunakan saat ini adalah Blogger com dan
Wordpress com. Berikut menurut Darma
dkk (2009: 134-145) tahapan mendaftar di blogger
com:
a) Pada
internet Browser bukalah situs www.blogger.com. Kliklah “Create Your Blog
Now”, kemudian akan muncul formulir pendaftaran, isilah kolom-kolomnya kemudian
berilah tanda centang persetujuan untuk
“Terms & Conditions” kemudian
kliklah “Continue”.
b) Kemudian
tampil formulir untuk memberi nama blog.
Isilah kolom-kolomnya kemudian isikan kata sandi yang tersedia. Setelah selesai
kliklah “Continue”.
c) Kemudian
beberapa pilihan desain antarmuka muncul. Pilihlah salah satu yang disukai,
untuk pilihan lebih banyak geserlah scrollbar
di samping gambar tersebut. Pilihlah dengan mengklik lingkaran di bawah gambar.
d) Setelah
beberapa saat akan tampil halaman situs yang menunjukkan bahwa blog telah dibuat.
e) Kliklah
“Start Posting” untuk mulai mengisi blog.
f)
Setelah proses pendaftaran
selesai, maka selanjutnya adalah proses pengisian blog. Pengisian blog ini
hendaknya dilakukan semenarik mungkin agar blog
yang dibangun
dikunjungi orang. Tahapan pengisian blog:
1) Pertama
akan tampil formulir pembuatan naskah blog.
Dalam tampilan tersebut terdapat menu yang berisi judul blog, tipe huruf, ukuran huruf, cetak tebal atau miring, warna
teks, hyperlink, paragraf rata kiri-kanan, tengah dan penuh, ada menu model penomoran,
memasukkan gambar, preview image,
serta isi naskah.
2) Untuk
memasukkan citra kliklah icon
memasukkan gambar maka keluarlah pop up untuk
memilih gambar yang akan dimasukkan. Setelah memilih dan mensetingnya, kemudian
kliklah “Upload Image”. Tunggulah beberapa saat sampai upload selesai, lalu kliklah “Done”. Selanjutnya tampil editor
naskah yang berisi image pilihan.
3)
Untuk melihat naskah sebelum
diterbitkan, kliklah “Preview” di pojok kanan atas. Jika telah sesuai keinginan
kliklah “Publish Post”. Tunggulah beberapa saat untuk proses publikasi. Setelah
selesai maka akan tampil halaman pesan kliklah link “View Blog” untuk melihat blog
yang telah diisi. Maka akan muncul tampilan blog
dengan posting-annya yang pertama. P
pengisian selanjutnya sama seperti langkah sebelumnya.
Beberapa situs yang menyediakan sumberdaya antara
lain:
a) Layanan
membuat Weblog, terdiri dari www.blogger.com, www.wordpress.com, www.bcrimson.com, www.livejournal.com, www.pitas.com, www.xanga.com, www.blog-city.com.
e) Layanan
fasilitas pemberi komentar, atara lain www.enetation.co.uk, www.blogkomm.com, www.b;ogextra.com, www.haloscan.com, dan www.rateyourmusic.com.
Titanium for sale - TITanium Art | TITIA-ART
BalasHapus› cost of titanium titanium-arts titanium max › titanium-arts implant grade titanium earrings › titanium-arts › titanium-arts TITIA-ART › titanium-arts › titanium-arts Shop TITIA-ART for the latest Titanium titanium bohr model Art supplies including artwork, photos, instruction manuals, and more. ford edge titanium Shop for TITIA-ART today.